PENGERTIAN WEBSITE MOBILE
Mobile Marketing : Fungsi dan Keuntungannya

Mobile marketing sangat mendunia pada tahun 80-an dan awal 90-an. Bahkan sampai tahun 2000, marketing menggunakan mobile masih mendominasi promosi semua bisnis.
Tehnik marketing tersebut adalah SMS, yang mungkin sampai sekarang masih ada dari kalian yang masih menggunakan SMS untuk berkomunikasi.
Walaupun sekarang penggunaan SMS jauh berkurang dibandingkan 5 tahun atau 10 tahun yang lalu, bukan berarti trik marketing ini jauh berkurang. Malah mobile marketing sekarang menjadi salah satu alat marketing yang sangat ampuh.
Sebenarnya Apa Itu Mobile Marketing?
Mobile marketing adalah alat marketing yang memanfaatkan perangkat mobile atau sekarang lebih dikenal dengan smartphone.
Jika dulu mobile marketing didominasi oleh SMS, sekarang jenis marketing ini ada bermacam-macam. Bentuk layar smartphone yang semakin besar, semakin memudahkan para marketers untuk berpikir bagaimana membuat konten yang menarik.
Jenis mobile marketing yang sedang marak sekarang adalah video mobile dan mobile website.
Tips Menggunakan Mobile Marketing
Jika adalah orang baru dan ingin menggunakan mobile marketing sebagai alat marketing, Anda haurs melihat tips-tips untuk menjadikan mobile marketing jadi berfungsi sempurna.
Karena jika Anda berinvestasi kepada mobile marketing atau Anda mengeluarkan uang dan tidak mengerti apa saja fungsi utamanya, maka uang Anda akan terbuang sia-sia.
– Perhatikan Format Mobile Marketing
Sekarang gambar biasa diatur dengan mudah ketika ingin ditampilkan di website atau mobile.
Misalnya gambar Anda besar dan ingin ditampilkan di website yang bisa diakses secara mobile, maka gambar Anda akan otomatis mengecil. Tetapi walaupun begitu, Anda harus melihat apakah gambar Anda tersebut tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
Terkadang gambar yang terlalu kecil tidak akan terlihat bagus di website dan begitu juga sebaliknya.
– Manfaatkan Website
Website juga termasuk mobile marketing, jadi usahakan ketika Anda mempunyai website pastikan itu sudah mobile friendly.
Coba lihat traffic website Anda, berapa persen traffic yang datang melalui mobile?
Jika jumlahnya lebih dari 20%, berarti Anda harus mengoptimalkan bagaimana mobile site Anda. Jangan sampai pengunjung website Anda lari karena website tidak terdapat fitur mobile.
Usahakan tampilan mobile site ini sama dengan website desktop ya.
– Tidak Hanya Sekedar Meletakkan Iklan
Sebagian besar para pengguna mobile marketing ini biasanya menggunakan banner untuk menarik pengunjung. Jadi usahakan Anda tidak hanya sekedar meletakkan sebuah iklan, ketika pengunjung telah mengklik iklan Anda usahkan jangan terbelit-belit.
Misalnya Anda ingin pengunjung membeli barang Anda, jadi tidak perlu terbelit-belit, usahakan pembeli dapat langsung check out dengan lancar.
– Optimasi dan Analisa
Terakhir yang bisa Anda lakukan adalah selalu melakukan optimasi dan analisa.
Optimasi yang dimaksud adalah selalu mengupdate mobile site Anda, jangan sampai ada fitur yang ada di desktop tidak tersedia di dalam mobile. Begitu juga dengan analisa, usahakan traffic yang datang melalui website desktop dan mobile website tidak begitu jauh.
Itulah beberapa hal yang bisa Anda petik dari mobile marketing. Tips tambahan, Anda bisa mengoptimalkan mobile site terlelih dahulu, lalu Anda bisa mencoba varian mobile marketing lainnya
SEJARAH
SEJARAH TENTANG WEBSITE MOBILE
Munculnya pemasaran mobile / mobile marketing dimulai pada awal tahun 2000an saat Short Message Service (SMS) menjadi semakin populer. Di Eropa dan di Asia, bisnis pengumpulan nomor untuk mengirimkan promosi dari produk dan layanan mereka. Akhirnya SMS menjadi alat promosi yang sah dibagian lain dunia. Karena itu didirikan pedoman untuk melindungi baik pemasaran dan konsumen. Sebagai teknologi yang dikembangkan, saluran baru untuk pemasaran mobile mulai muncul, diantaranya :
1. Multimedia Message Service ( MMS )
Dengan MMS, pengiklan dapat mengirim pesan teks, video, dan slideshow gambar dari produk. Hampir semua ponsel dengan layar warna dapat mengirim dan menerima MMS.
2. Game Mobile Marketing
Kecenderungan dari game mobile sudah mulai lebih canggih. Permainan ini sangat kasual dalam mempromosikan produk yang sedang dipromosikan dalam beberapa permainan. Promosi semacam ini juga dikenal sebagai Ad-Funded mobile game atau mobile advergaming.
3. Mobile Web Marketing
Disini, produk yang sedang dipromosikan pada halaman web yang diakses melalui perangkat mobile. Mayoritas penyedia konten mobile seperti google dan yahoo telah menjual tempat iklan online. Ada juga jaringan iklan lainnya yang berfokus pada sifat mobile.
4. Pemasaran Via Bluetooth dan Infrared
Bluetooth populer hanya pada tahun 2003, infrared disisi lain adalah bentuk tertua dari pemasaran mobile. Tidak seperti bluetooth, infrared terbatas. Keuntungan lain dari bluetooth adalah ia memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi dan juga gratis, serta sudah berdasarkan izin.
5. Mobile Marketing melalui kode Quick Response
Kode QR seperti Barcode tapi bukan hanya sekelompok garis pararel namun memiliki 2 dimensi. Ketika kode QR dipindai oleh ponsel, pengguna ponsel tersebut kemudian diarahkan ke URL target.
Komentar
Posting Komentar