2 jenis surat elektronik komersia

Pengertian Email Beserta Fungsi dan Cara Kerja Email yang Jarang Diketahui Pengguna


 


Ilmu dan teknologi berkembang dengan sangat pesat dan mempengaruhi berbagai bidang kehidupan manusia termasuk dalam hal komunikasi. Di zaman dulu saat orang ingin mengirim surat kepada orang lain maka ia harus menulisnya pada selembar kertas dan mengirimkannya melalui pos dan layanan sejenisnya.
Saat ini, metode mengirim surat seperti itu sudah tidak banyak digunakan karena kita sudah mengenal suatu bentuk komunikasi yang baru yakni dengan menggunakan email. Email atau electronic mail memungkinkan seseorang untuk mengirimkan pesan atau file dengan lebih efisien, murah serta lebih cepat. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian email beserta fungsi dan cara kerja email yang jarang diketahui banyak orang.

Pengertian Email

Email adalah singkatan dari electronic mail yang merupakan surat atau pesan dengan format digital. Email banyak dapat diakses dengan mudah dengan berbagai gadget seperti komputer maupun ponsel smartphone.
Pada awal perkembangan internet, email digunakan sebagai sarana komunikasi antar developer internet dan kini seiring dengan perkembangan teknologi, email digunakan untuk berbagai macam tujuan dan dapat diakses oleh siapa saja.
cara kerja email

  • Cepat dan sederhana
  • Jangkauan. Surat elektronik sebagai alat yang ideal untuk pemasaran langsung terutama dengan target pasar yang tersebar di beberapa lokasi geografis.
  • Hemat. Biaya yang dikeluarkan murah dibandingkan dengan pilihan pemasaran tradisional seperti media cetak, televisi dan radio.
  • Membangun jalinan dengan konsumen 

  • Meningkatkan trafik ( tingkat atau banyaknya pengguna ).
  Jenis surat elektronik komersial yaitu: 

     a). Surat elektronik promosi( email promotion)
     Merupakan alat komunikasi berupa Surat elektronik yang dirancang dan dibuat berdasarkan tujuan tertentu, dimana konsumen diharapkan langsung melakukan tindakan atas informasi yang dikirimkan, biasanya berisikan informasi penawaran produk, diskon, musik gratis, voucher dan lain-lain.
b). Retention-based e-mails ( newsletter / nawala)
     Merupakan alat komunikasi berupa Surat elektronik yang digunakan dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik menyangkut produk, orang yang terlibat, serta informasi lain yang dapat membantu berhubungan dengan urusan bisnisnya.
1. Bagian Dari Surat Elektronik
a). Preheader
 Preheader adalah satu atau dua baris teks yang ditampilkan di bagian atas surat elektronik (header).  
b). Header
      Bagian ini dapat dipergunakan untuk membangun hubungan.
c). Subyek Line
     Bagian ini berfungsi untuk membantu pembaca dalam mengidentifikasi surat elektronik, dan juga menarik pembaca untuk membukanya.
d). Personalisasi ucapan
    Dengan basisdata yang memiliki kemampuan untuk menyimpan nama pembaca, maka dapat dimungkinkan untuk melakukan personalisasi ucapan dari surat elektronik .

        e). Body (tubuh)
          Pada bagian ini isi surat elektronik dibuat. Jangan tergoda untuk menggunakan terlalu banyak gambar karena dapat meningkatkan ukuran surat elektronik, dan mengaburkan isi bila gambar tidak berhasil ditampilkan.
 f). Footer
      Bagian footer pada surat elektronik dapat membantu untuk membangun konsistensi, dimana perusahaan dapat menempatkan rincian kontak yang mencakup nama dan kontak email perusahaan. Hal ini dapat juga mencakup kebijakan privasi pengirim .
2. Etika penggunaan surat elektronik
  • Jangan biarkan subyek kosong.
  • Jangan mengirimkan surat elektronik lampiran yang terlalu besar.
  • Jangan mengirim teruskan surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
  • Jangan mengutip tulisan orang lain.
  • Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda berteriak.
  • Gunakan kata-kata dan huruf yang mudah dibaca.
  • Gunakan kata-kata dengan santun. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKLAN ONLINE

BLOG DAN ADSENSE